Main Article Content

Abstract

Ubi Jalar merupakan salah satu bahan baku yang mudah di dapatkan di papua Barat terutama di kelurahan Pal Putih yang letaknya berdekatan dengan Pasar. Tujuan Pelatihan ini yaitu Ibu-ibu atau mama-mama di kelurahan Pal Putih dapat memiliki keterampilan dalam pengolahan Ubi Jalar menjadi Kripik Ubi Jalar yang memiliki kualitas yang baik. Pelatihan ini tidak hanya menambah pengetahuan Ibu-ibu dalam pembuatan produk namun juga mampu menerapkan strategi pemasaran dengan memperhatikan kualitas produk, kemasan, estetika tampilan kemasan, merek dan pelabelan; ibu rumah tangga yang mengikuti pelatihan mendapat dorongan atau termotivasi membuat usaha kripik ubi jalar sehingga dapat menambah penghasilan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: Observasi; Penyelesaian perizinan pengabdian dan sosialisasi; Pelatihan; Penguatan materi; dan Diskusi. Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat diuraikan sebagai berikut: Pelatihan produksi, strategi pemasaran, motivasi berwirausaha; Pelatihan mengenai awal persiapan sebelum memproduksi, proses produksi, proses pengemasan, proses pelabelan.

Keywords

Pelatihan Strategi Pemasaran Kripik Ubi Jalar Wirausaha Inovasi

Article Details

Author Biographies

Evi Mufrihah Zain , Universitas Muhammadiyah Sorong

-

Digor Mufti, Universitas Muhammadiyah Sorong

-

Latifah Dian Iriani, Universitas Muhammadiyah Sorong

-

Ahmad Jamil, Universitas Muhammadiyah Sorong

-

Muhammad Amin, Universitas Muhammadiyah Sorong

-

Agilistya Rahayu, Universitas Muhammadiyah Sorong

-

How to Cite
-, S. S., -, E. M. Z. ., -, D. M., -, L. D. I., -, A. J., -, M. A., & -, A. R. (2023). - Pelatihan Produksi dan Strategi Pemasaran Kripik Ubi Jalar Di Kelurahan Pal Putih Kota Sorong: -. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(5), 159–167. https://doi.org/10.55182/jpm.v3i5.184

References

  1. Beu, N. S., Moniharapon, S., & Samadi, R. L. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado. 9(3), 1530–1538. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35821
  2. Budy, D. A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. 1(1), 7–22. oai:ojs.jurnal.uta45jakarta.ac.id:article/717
  3. Dewi, D. P. S., & Rahmat, M. (2022). Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Omzet Industri Keripik Di Bandar Labuhan Tanjung Morawa. 1(11), 3037–3042. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1877
  4. Hartono. (2018). Kajian Capaian Program Mahasiswa Wirausaha. 1(2), 152–159. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32497/akunbisnis.v1i2.1230
  5. Ningrum, M. A. (2017). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini. 2, 29–32. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p39-43
  6. Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Di Stasiun Televisi Lokal Radar Tasikmalaya Tv. ProTVF, 2(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19878
  7. Sulaeman, M. (2018). Efektifitas Pelatihan Keterampilan Berusaha Dan Bantuan Stimulan Usaha Ekonomis Produktif Terhadap Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus Di Kota Banjar). 3(1). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jta.v3i1.2164
  8. Surani, D., Listiawati, Andini, M., & Mahdy, N. (2020). Pelatihan Macrame Untuk Meningkatkan Keterampilan Ibu-Ibu Rumah Tangga Produktif Di Lingkungan Kelurahan Dalung. 01(02), 143–152. https://doi.org/http://10.46306/jabb.v1i2.12
  9. Suryana. (2016). Kewirausahaan : Kiat dan Proses Menuju Sukses (4th ed.). http://www.penerbitsalemba.com
  10. Widnyana, I. W., Widyawati, S. R., & Warmana, G. O. (2018). Pengaruh pemberian mata kuliah kewirausahaan dan pelatihan wirausaha terhadap minat wirausaha ekonomi kreatif pada mahasiswa unmas denpasar. 1(1), 171–177. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i1.1895