Main Article Content

Abstract

Jemberindo adalah salah satu komunitas yang beranggotakan UMKM yang ada di wilayah Jember dan sekitarnya. Masalah yang sering dialami UMKM yaitu kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen keuangan sehingga menyebabkan tidak tahunya kondisi keuangan dari usaha yang sedang dijalankan dan tidak tahu apakah usaha tersebut untung atau rugi. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen keuangan bagi UMKM. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap kegiatan diantaranya, yaitu tahap persiapan, penyuluhan, diskusi dan tanya jawab, serta evaluasi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan pengetahuan baru dan juga pemahaman bagi UMKM yang ikut dalam Komunitas Jemberindo terkait tantangan dalam menjalankan usaha, pengertian manajemen keuangan, dan laporan keuangan untuk UMKM. Para UMKM menjadi lebih paham tentang manajemen keuangan yang dapat diterapkan di usahanya yaitu laporan laba rugi, laporan arus kas, dan necara. Selain itu, penting bagi UMKM untuk memisahkan antara uang pribadi dan uang usaha serta melakukan pencatatan transaksi secara rutin guna memudahkan dalam evaluasi usaha dan pengambilan keputusan.

Keywords

Manajemen Keuangan UMKM Pelatihan Pengabdian Kepada Masyakarat

Article Details

How to Cite
Prayitno, A. H. ., Pantaya, D. ., Prasetyo, B. ., & Subagja, H. . (2022). Pelatihan Manajemen Keuangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Komunitas Jemberindo. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 1–10. https://doi.org/10.55182/jpm.v3i1.200

References

  1. Fahmi, I. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Alfabeta.
  2. Harahap, S. S. 2018. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Cetakan 14. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Lestari, R. 2013. Perbankan Syariah Sebagai Daya Pendorong Usaha Mikro Kecil Menengah Di Indonesia. Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers (SCA-3). 3(1). 2013. Universitas Jenderal Soedirman: 1–10.
  4. Limanseto, H. 2021. UMKM Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia [Diakses pada April 5, 2022].
  5. Mariani, W. E. dan G. T. Suryawan. 2018. Peningkatan Kapasitas Kelompok Sadar Wisata Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Pelatihan Manajemen Keuangan. Prosiding SINAPTEK. 2018. Universitas Dhyana Pura: 119–126.
  6. Utomo, D. S., D. Rizaldi, E. N. N. Hadi, H. Haryanto, dan K. Kusnadi. 2022. Pelatihan peningkatan manajemen keuangan dan pembukuan sederhana. Jurnal Peradaban Masyarakat. 2(1):33–36.
  7. Wirawan, R. 2021. Diperlukan Data Base UKM. https://radarjember.jawapos.com/ekonomi-bisnis/18/04/2021/diperlukan-data-base-ukm/ [Diakses pada April 5, 2022].
  8. Yuliaty, T., Hermansyur, K. F. Ferina, W. Fahruddin, dan S. B. Arifin. 2016. Peningkatan kompetensi kelompok usaha tangan di atas (tda) di bidang manajemen keuangan dan administrasi. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 22(4):61–66.