Main Article Content

Abstract

Dampak yang ditimbulkan akibat pandemi virus Covid-19 yang melanda hampir seluruh wilayah di beberapa Negara khususnya di Indonesia menyebabkan krisis dibidang ekonomi yang berkepanjangan. Banyak sektor yang terkena dampak mulai dari sektor industri skala besar sampai sektor usaha kecil mengalami kesulitan bahkan banyak sekali usaha kecil yang sampai gulung tikar. Pandemi Covid-19 ini juga mengubah perilaku konsumen akibat adanya pembatasan kegiatan yang menyebabkan konsumen lebih banyak melakukan aktivitas di rumah dengan memanfaatkan teknologi digital. Dengan demikian maka pelaku usaha harus bisa menyesuaikan perilaku konsumen dan perlu menyiapkan bisnis nya sesuai dengan kondisi yang sekarang. Perubahan baru tersebut ditandai dengan empat karakteristik bisnis yaitu hygiene, low touch, less crowd dan low mobility. Pelaku usaha yang bisa bertahan pada era pandemi maupun pasca pandemi merupakan pelaku usaha yang bisa beradaptasi dengan perubahan baru tersebut. Metode yang digunakan sesuai dengan latar belakang tersebut adalah (1) Pendampingan cara penataan layout usaha, (2) pelatihan dan pendampingan pemasaran produk secara online. Hasil temuan dari kegiatan yang telah dilaksanakan adalah (1) layout usaha dibuat menjadi layout prasmanan atau buffet service dimana konsumen dapat memilih sendiri menu seblak yang diinginkan, lebih higienis, low touch dan low crowd (2) konsumen bisa memesan produk melalui aplikasi gofood dan menerima pesan antar (delivery order).  Setelah dilaksanakannya pendampingan dan pelatihan penataan layout usaha dan pemasaran pada kedai seblak Miss Geugeu Purwakarta ini menjadikan kedai tersebut ramai dikunjungi dan meningkatkan omset penjualan pasca pandemi.

Keywords

Layout Pemasaran Pengembangan Usaha

Article Details

How to Cite
Puspasari, D. . (2022). Pengembangan Usaha Melalui Pendampingan Penataan Layout dan Pemasaran Pasca Pandemi di Kedai Seblak Miss Geugeu Purwakarta. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 26–30. https://doi.org/10.55182/jpm.v2i6.209

References

  1. Abram, S., Indrie, D.,P., Jessy, J.P. 2018. “Analisis Layout Pabrik Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Celebes Minapratama Kota Bitung”. Jurnal EMBA. Vol. 6 No.3. Juli 2018. Universitas Sam Ratulangi Manado.
  2. Gunawan, B. 2022. “Pendampingan Pengelolaan Operasional Bisnis Dan Pemasaran Toko Kelontong Di Bangunjiwo Kasihan Yoyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2022. Universitas Dharmawangsa.
  3. Hijuzaman, O., Muhammad Fariz, W., Indra, G. 2019. “Pengaruh Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Terhadap Omzet Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Dengan Mediasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Purwakarta. Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta.
  4. Kholidasari, Inna., Dessi, M., Riska, A. 2022. “Re-Layout Tata Letak Fasilitas Dan Desain emasan Usaha Kue Batiah Di Jorong Baduih Nagari Simawang Kabupaten Tanah Datar”. Jurnal Implementasi Riset. Vol. 2 No.1. Maret 2022. Universitas Bung Hatta.
  5. Kusumawati, R. 2020. “Pendampingan Manajemen Usaha Laundry Express. Prosidding Semnas PPM 2020. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  6. Maulana, W., Nurul, A. 2021. “Pengembangan Pelaku Usaha Melalui Pelatihan Manajemen Usaha Dan Penyusunan Laporan Keuangan”. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.2 No.1. Maret 2021. STKIP Muhammadiyah Muara Bungo.
  7. Putra, A., I Nyoman, N. 2019. “Pengaruh Layout Toko dan Visual Merchandising Toko Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Supermarket Tiara Dewata Denpasar.” E-Jurnal Manajemen. Vol. 8 No.5. 2019. Universitas Udayana Bali.