Main Article Content

Abstract

Keterampilan membuat puisi/syair serta memberikan irama lagu yang sesuai dengan suasana puisi atau keterampilan musikalisasi puisi bukanlah sesuatu yang mudah. Dalam mencapai tujuan pembelajaran khususnya pembelajaran musikalisasi puisi, guru dituntut mampu menggunakan metode pengajaran yang tepat. Dalam pembelajaran musikalisasi puisi sangat dipengaruhi oleh kemampuan, pengetahuan, pengalaman dan kreativitas masing-masing guru. Berhubung pembelajaran apresiasi musikalisasi puisi diberikan dengan segala keterbatasan guru, hal inilah yang ditengarai menjadikan hasil yang dicapai dalam musikalisasi puisi kurang maksimal.Melalui metode pengajaran langsung, diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa dalam pelajaran musikalisasi puisi. Tiap-tiap tahap pembelajaran dalam Model Pengajaran Langsung memberi kesempatan siswa untuk ambil bagian mulai dari tahap pemilihan puisi, penentuan suasana puisi, sinkronisasi suasana puisi dengan musik, kegiatan pelatihan, penampilan, dan evaluasi.Dengan Model Pengajaran Langsung, siswa akan termotivasi untuk melakukan kegiatan musikalisasi puisi dengan perasaan senang. Mereka dapat diajak larut dalam pembelajaran tanpa ada tekanan psikologis, tapi justru merasakan kegembiraan.

Keywords

Musikalisasi Puisi Sastra

Article Details

How to Cite
Ningtyas, T. R., Ruisah, R., & Amirudin, A. (2023). Apresiasi Puisi Dengan Metode Musikalisasi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(4), 150–158. https://doi.org/10.55182/jpm.v3i4.302

References

  1. APJII. (2022). Profil internet Indonesia 2022. Survei Internet Indonesia Tahun 2021-2022(Q1).
  2. Hermawan, Ujang (2012). Peningkatan Kemampuan Apresiasi Puisi Melalui Desain Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Depok. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
  3. Ibrahim, H. (2000). Media pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  4. Khaerunisa., Nasir, Muhammad. 2018. Penerapan media musikalisasi puisi terhadap peningkatan kemampuan mengapresiasi puisi siswa X MIPA3 SMAN 87 Jakarta. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (2): 124-137.
  5. Koapaha, R.B., Rokhani, Umilia., Farida, Nurul. (2009). Musikalisasi puisi “Hatiku Selembar Daun”. Resital. 10 (1): 81-93
  6. Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta; Nobel Edumedia.
  7. Nesbitt, Natalie.(2010). Cyberbullying : a literature review. Graduate Research Papers.
  8. Quaglio, G., Millar, S. (2020). Potentially negative effects of internet use. European Parliamentary Research Service (PE 641.540), European Union. doi: 10.2861/654637.
  9. Sukarti. 2016. Pembelajaran musikalisasi puisi melalui model pengajaran langsung. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra). 3 (1): 53-64.
  10. Warsono. (2016). Pengelolaan kelas dalam meningkatkan belajar siswa. Manajer Pendidikan.