Main Article Content

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berjudul "Webiner Parenting bagi Orang Tua Siswa PAUD di Masa Pandemi Covid-19" merupakan inisiatif yang dirancang untuk mendukung orang tua dalam menghadapi tantangan mendidik anak-anak mereka selama masa pandemi. Kegiatan ini, yang menargetkan orang tua siswa PAUD di Kabupaten Garut, melibatkan tahapan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, dengan fokus pada program parenting dan pembelajaran jarak jauh bagi anak usia dini. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada 27 Januari 2021 melalui Zoom Meeting, diikuti oleh 100 orang tua murid PAUD. Webinar ini menyediakan platform interaktif untuk menyampaikan materi dan diskusi, serta tindak lanjut berupa layanan parenting secara online dan offline. Tujuan utamanya adalah meningkatkan keterampilan orang tua dalam mendampingi anak-anak mereka dalam pembelajaran di rumah, terutama di tengah pembatasan fisik akibat pandemi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman orang tua dalam aspek-aspek kunci parenting. Ini termasuk kesadaran tentang penggunaan alat dan bahan sehari-hari untuk kegiatan bermain anak yang edukatif, peningkatan kemampuan mendampingi anak dalam bermain, dan pembentukan kemitraan yang lebih erat antara orang tua dan guru. Kegiatan ini juga mengidentifikasi faktor pendukung, seperti antusiasme orang tua dan dukungan organisasi mitra, serta penghambat, termasuk keterbatasan teknologi dan infrastruktur. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pandemi Covid-19 telah memperjelas kebutuhan mendesak bagi orang tua untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam mendukung tumbuh kembang anak. Webinar ini berhasil menjadi solusi efektif untuk tantangan yang dihadapi oleh orang tua, menawarkan arahan praktis dan bimbingan dalam proses pembelajaran dan perkembangan anak. Kesuksesan kegiatan ini menunjukkan pentingnya adaptasi dan fleksibilitas dalam merancang program pendidikan bagi orang tua di masa pandemi.

Keywords

Parenting PAUD Pembelajaran Jarak Jauh Dukungan Orang Tua Selama Pandemi

Article Details

How to Cite
Daryana, A., Susanti, I., & Kemala, R. (2021). Webinar Parenting PAUD bagi Orang Tua Siswa PAUD di masa Pandemi Covid 19. Jurnal Peradaban Masyarakat, 1(1), 41–45. https://doi.org/10.55182/jpm.v1i1.361

References

  1. Campbell, R. 2006. How To Really Parent Your Child. Tangerang: Visimedia.
  2. Chabib Tha. 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Fitriyani, L. 2015. Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak. Jilid 1. Samarinda: Lentera.
  4. Goleman Daniel. 1998. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Pustaka Utama. Hasnida, 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima.
  5. Hayati,F., & Mamat, N. 2014 Pengasuhan dan Peran Orang Tua (Parenting) Serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Banda Aceh Indonesia. Jurnal Buah Hati.
  6. Herdina Indrijati, dkk. 2016. “Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta: Kencana. Hidayah, R.N. 2015. Pemdidikan Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Studi
  7. Islam dan Sosial.
  8. Kemendikbud. 2014. Permen Kemendikbud Nomor 137 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia
  9. Dini. Jakarta: Kemendikbud.
  10. Khusniyah, N.L. 2018. Peran Orang Tua Sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwan. Nooraeni, R. 2017. Implementasi Program Parenting dalam Menambahkan Perilaku
  11. Pengasuhan Positif Orang Tua di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.
  12. Rahmawati Setiya Wulandari. 2016. “Pola Asuh Anak Usia Dini (Studi kasus pada orang tua yang Mengikuti Program Bima Keluarga di Kelurahan Kutoarjo Kabupaten Purworejo), Universitas Negeri Semarang Fakultas Ilmu Pendidikan.
  13. Siantajani, Yuliati. 2020. Loose Parts. Semarang: PT.Sarang Seratus Aksara
  14. Shochib, M. 2014. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembankan Disiplin Diri.
  15. Jakarta: Rineka Cipta.
  16. Sofyan. I. 2018. Mindful Parenting : Strategi Membangun Pengasuhan Positif Dalam Keluarga.
  17. Journal of Early Childhood Care & Education.
  18. Sudiran dkk, Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan.
  19. Malang: UMM Press
  20. Sutanto, Vita Andina. Ari Andriyani. 2019. Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
  21. Suyadi, 2010. Psikologi Belajar PAUD.Yogyakarta: Bintang Pustaka Abadi.
  22. Wiranata, I.G.L.A 2020. Penerapan Positive Parenting dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.