Main Article Content

Abstract

Peningkatan kesadaran akan pentingnya penguasaan soft skill bagi Generasi Z sangat penting dalam menghadapi tantangan masa depan di era digital saat ini. Keterampilan lunak seperti keterampilan komunikasi, kerja tim, dan kepemimpinan telah diakui sebagai faktor kunci dalam kesuksesan pribadi dan profesional. Namun pemahaman dan apresiasi terhadap peran soft skill pada generasi Z masih kurang. Tujuan dari Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penguasaan soft skill bagi Generasi Z di STEI Jakarta pada tahun guna menghadapi tantangan masa depan di era digital saat ini. Soft skill seperti keterampilan komunikasi, kerjasama tim, dan kepemimpinan telah diakui sebagai faktor kunci keberhasilan pribadi dan profesional, namun masih kurangnya pemahaman dan apresiasi terhadap peran soft skill di kalangan Generasi Z. Kegiatan program pengabdian masyarakat ini memberikan sosialisasi dan konseling interaktif kepada mahasiswa STEI Jakarta untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai soft skill yang dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Hasil tersebut memberikan kontribusi positif bagi persiapan mahasiswa STEI Jakarta menghadapi tantangan masa depan dan menekankan pentingnya upaya sosialisasi dalam mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini.

Keywords

Soft Skills Generasi Z Revolusi Industri 4.0

Article Details

How to Cite
Haholongan, R., Yuliani, A. D., Fatih, M. I., Rahmadina, R., Herawati, P. A., & Nugroho, M. A. (2024). Penyuluhan Kepada Mahasiswa STEI Mengenai Peningkatan Kesadaran Akan Pentingnya Penguasaan Soft Skill Bagi Generasi Z. Jurnal Peradaban Masyarakat, 4(3), 97–103. https://doi.org/10.55182/jpm.v4i3.451

References

  1. AA Budianto, L Nuraini, E Fitriani, NW Liestasya, R Haholongan, N Novyyarni. (2024). Pelatihan Kepemimpinan Dan Manajemen Organisasi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Koperasi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. BEGAWE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (1), 42-49
  2. A Burda, R.Haholongan, J Hariyanto.(2023). Pelatihan Internal Auditor ISO 9001:2015 Pada karyawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta. Jurnal Abdimas Bina Bangsa Vol. 4 No. 1 (10.46306/jabb.v4i1), 717-724. doi:10.46306/jabb.v4i1.485.
  3. E Elvira, UN Kholifah, R Haholongan (2023). Strategi perusahaan untuk meningkatkan karir karyawan: manajemen pengetahuan, persepsi keterampilan, persepsi sikap, dan motivasi kerja Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen 19 (2), 349-358
  4. I Nuratikah, AM Maksudi, R Yoesditian, R Haholongan, VLWL Setiawan.(2024) Penyuluhan Peningkatan Kompetensi Bagi Pengurus OSIS Pada MTS Negeri 21 Jakarta Timur. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(4), 154-159
  5. Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a new human-centered society. Japan Spotlight, 27(5), 47-50.
  6. Kermis, G. & Kermis, M. (2008). Professional Presence and Soft Skill: A role of Accounting Education. Journal of Instructional Pedagogies
  7. K Krisnando, R Haholongan (2019).Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Integrated Bisnis Simulator (IBS) pada Guru SMK di Jakarta. Jurnal Ilmiah Pangabdhi 5 (1)
  8. Leach, J.A. (2021). Preparing tomorrow’s HRD professionals: Perceived relevance of the competency model. Journal of Vocational and Technical Education.15(2).Spring,
  9. RA Nisa, R Haholongan, Z Zulkarnaini, J Harianto (2022).Menumbuhkan Sikap Loyalitas Guru dalam Pendidikan:motivasi,Lingkungan Kerja,Kepuasan Kerja. Journal of Innovation Research and Knowledge 2 (2), 565-570
  10. R Haholongan.(2019).Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Melalui Perilaku Hidup Sehat Dan Bersih Pada Anak Dan Pengelola Panti Asuhan Tebet. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 7 (1), 101-107
  11. R Haholongan, R. M. (2019 ). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Integrated. Jurnal Ilmiah Pengabdhi, Volume 5 No 1, 13-17. doi:http://dx.doi.org/10.21107/pgd.v5i1.5158
  12. S Fazreen, DR Putri, AD Hapsari, N Nirmalisa, R Haholongan N.Septiana.(2024).Penyuluhan Penggunaan QRIS Sebagai Alat Pembayaran Kepada Pelaku Usaha Ikan Hias Jatinegara. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (2), 3223-3227
  13. Shwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Business.
  14. Siahaan & Novita Sari., 2017. “Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom Sumatera”. Jurnal Plans Penelitian Ekonomi & Bisnis. ISSN: 1978-7057. E-ISSN: 2527-306X. Universitas Negeri Medan
  15. Widayanti, R., 2014. “Pengaruh hard skill dan soft skill terhadap Kinerja (studi pada PT. Telkom Kandatel Malang)”. Jurnal Dinamika Dotcom. Vol. 3 No.1 STMIK Pradnya Paramita malang.