Main Article Content

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi pada komunitas autis dalam meningkatkan pemberdayaan bagi anggota komunitas autis untuk menambah nilai  dan kreativitas di Adli Cafe Project Autism dan untuk mengatasi masalah yang dihadapi Adli Cafe Project Autism Malaysia dalam memberdayakan anak autis. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dengan tahap persiapan dan survei lapangan, kemudian tahap sosialisasi dan pelatihan dilakukan oleh tim pengabdi. Pada tahap ini ada tiga hal yang dilaksanakan oleh tim pengabdi, yaitu (1) memberikan edukasi pada komunitas autis dalam meningkatkan pengetahuan tentang pola asuh yang baik.  (2) Bagaimana cara meningkatkan keterampilan membuat spageti ayam yang benar, dan.  (3) bagaimana cara menyajikan spageti ayam dengan baik dalam box. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: meningkatnya pemahaman dan pengetahuan pola asuh yang baik bagi komunitas autis dan terampil membuat dan menyajikan spageti ayam dengan baik. Target luaran yang akan dicapai yaitu tersampaikannya edukasi pola asuh yang baik dan terampil membuat dan menyajikan spageti ayam dengan baik pada komunitas autis Adli Cafe Project Autism. 

Keywords

Pemberdayaan Komunitas Autis Nilai Kreativitas

Article Details

How to Cite
Masriah, I., Hamsinah, H., & Rusilowati, U. . (2024). Pemberdayaan Komunitas Autisme Melalui Proyek Kafe untuk Peningkatan Nilai dan Kreativitas di Proyek Kafe Adli Autisme Malaysia. Jurnal Peradaban Masyarakat, 4(4), 135–140. https://doi.org/10.55182/jpm.v4i4.484

References

  1. Abdulkadir Muhammad, Hukum dan Penelitian Hukum, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2004.
  2. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/autisme
  3. Purwandari, E., Chamidah, A. N., & Mumpuniarti, M. (2017). Pemberdayaan Orang Tua Dan Masyarakat Di Desa Balingasal Dalam Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 13(2), 14-21.
  4. Soemitro Ronny Hanitijo, Metodologi Penelitian Hukum Dan Jurimetri, Ghalia Indonesia, 1990.
  5. Soerjono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, Universitas Indonesia Press, Jakarta, 1986.
  6. Sriwahyuni, S. R., & Ashari, N. (2022). Analisis Permasalahan Anak Autis Di Kelompok B TK Ashabul Kahfi Kota Parepare. Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 11-18.
  7. Suheri, T. (2014). Peran Keluarga dan Lingkungan dalam memberdayakan Anak Berkebutuhan Khusus. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 2, No. 2).
  8. Twistiandayani, R., Widodo, A., & Ferawati, E. (2023). Pemberdayaan dan Edukasi terhadap Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Penyandang Autisme di Wilayah Binaan Poli ABK RS Grha Husada Petrokimia Gresik. Community Reinforcement and Development Journal, 3(1), 17-21.
  9. Usop, D. S., & Fatchurahman, M. (2016). Pandangan Religius Mengenai Autisme: Autism In Religion Views. Anterior Jurnal, 16(1), 1-6.