Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya adaptasi dan peluang dalam kemajuan teknologi informasi untuk pemasaran dan bisnis pada umumnya. Tujuannya adalah untuk memahami penggunaan internet dan alat digital, menggunakan media sosial untuk pemasaran, dan membuat website agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Materi yang disampaikan mencakup pengenalan internet dan alat digital, dengan tujuan agar siswa SMK memahami dan dapat menerapkannya dalam bisnis mereka nanti. Target materi ini tercapai dengan baik, yang terlihat dari pemahaman peserta melalui pertanyaan dan diskusi selama kegiatan. Namun, untuk mengimplementasikan hasil dari kegiatan ini, diperlukan kegiatan lanjutan. Tujuan dari kegiatan lanjutan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan teknis sehingga peserta bisa lebih memahami digital marketing secara menyeluruh.

Keywords

Digitalisasi Produk Pemasaran Internet Kreativitas Dan Inovasi

Article Details

How to Cite
Budiyanto, A., Nurhadi, A. ., & Masádi , M. . (2024). Sikap Inovatif dan Kreatif Sebagai Dasar Jiwa Kewirausahaan Siswa Untuk Bersaing Dalam Era Digitalisasi Produk. Jurnal Peradaban Masyarakat, 4(4), 141–146. https://doi.org/10.55182/jpm.v4i4.485

References

  1. Akbar, M., Nurhayani, Damayanti, & Rahmatullah. (2021). Kewirausahaan Ditengah Revolusi Industri 4.0 : Teori Dan Konsep Tinjauan Ekonomi Islam. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(1), 13–24. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v6i1.586
  2. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. Retrieved from https://apjii.or.id/survei
  3. Dwiwansi, P., Rahayu, D. P., Chairunnisa, Anugrah, T. T., Rizki, M. A., Nugraha, … Hendarmin, R. (2022). Penyuluhan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM Kemplang Ubi di Desa Talang Nangka, Kab. Muara Enim, Kec. Lembak. Community; Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 83–91. Retrieved from http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/175
  4. Fawaid, A. (2018). Merubah Konsep Pemasaran Batik Madura, dari Konvensional ke Digital Marketing. Eksyar, 5(1), 56–67.
  5. Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE - Asian Journal of Innovation and EntrepreneurshipAsian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–314.
  6. Irianto, W. S. G., Widiyaningtyas, T., Sujito, S., Habibi, M. A., Syah, A. I., Abdul Hadi, A., & Fuadi, A. (2023). Digitalisasi Produk UMKM Berbasis E-Katalog untuk Meningkatkan Komersialisasi Pemasaran di Lingkungan Komunitas UMKM PADUKA. Bulletin of Community Engagement, 3(2), 153. https://doi.org/10.51278/bce.v3i2.826
  7. Marisa, O. (2019). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan, Nilai Kewirausahaan Terhadap Perilaku Kewirausahaan Dan Keberlangsungan Usaha Pada Sektor Umkm. Jurnal Bina Manajemen, 7(2), 171–183.
  8. Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14. https://doi.org/10.32832/inovator.v7i1.1458
  9. Mayangsari, N., & Adji, W. H. (2023). Pengaruh Sosialisasi Produk Digital Terhadap Minat Berlangganan Pada Unit Digital Services PT. Telkom Witel Bandung. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 7(1), 178–186. https://doi.org/10.29408/jpek.v7i1.13326
  10. Millia, H., Rostin, Syarif, M., Rahim, M., & Dja’wa, A. (2021). Digitalisasi Pemasaran Produk Industi Rumah Tangga Di Desa Galu Kecamatan Anggalomoare Kabupaten Konawe. Membangun Negeri, 5(2), 361–368. Retrieved from http://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/ppm/article/view/1668%0Ahttp://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/ppm/article/download/1668/1038
  11. Rangaswamy, A., Moch, N., Felten, C., van Bruggen, G., Wieringa, J. E., & Wirtz, J. (2020). The Role of Marketing in Digital Business Platforms. Journal of Interactive Marketing, 51, 72–90. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2020.04.006
  12. Wibowo, E. A. (2016). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. Equilibiria, 1(1), 95–108. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/equi/article/view/222
  13. Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 121–126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202