Main Article Content

Abstract

Kegiatan pelatihan tata kelola keuangan di MA Miftahul Huda bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengelola keuangan sekolah dalam mengelola dana secara transparan, akuntabel, dan efisien. Pelatihan ini didorong oleh kebutuhan untuk memperbaiki sistem keuangan di lingkungan sekolah guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik dan memastikan penggunaan sumber daya secara optimal. Pelatihan ini melibatkan beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi identifikasi kebutuhan pelatihan melalui survei dan diskusi dengan staf keuangan dan pimpinan sekolah. Berdasarkan hasil identifikasi ini, materi pelatihan disusun mencakup pengelolaan anggaran, pembukuan, pelaporan keuangan, dan audit internal. Pelatihan tata kelola keuangan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan keuangan di MA Miftahul Huda, sehingga dana yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pengembangan sekolah. Dengan tata kelola keuangan yang baik, diharapkan kualitas pendidikan di MA Miftahul Huda akan semakin meningkat dan sekolah dapat mencapai kinerja yang lebih baik dalam pengelolaan sumber daya.

Keywords

Keuangan Sumber Daya Keuangan Tata Kelola Manajemen

Article Details

How to Cite
Ruswandi, Y., Hoerudin, H., Fajar, R. S. ., & Ramdania, S. A. . (2024). Pelatihan Tata Kelola Keuangan Di Ma Miftahul Huda. Jurnal Peradaban Masyarakat, 4(4), 154–163. https://doi.org/10.55182/jpm.v4i4.490

References

  1. Andiawati, Etty (2017). “Pengelolaan Keuangan Lembaga Pendidikan/Sekolah”. Jurnal FKIP
  2. Barlian, U.C. (2016). Manajemen Strategik: Konsep dan Implementasi. Bandung: Khalifa Insan Cendekia Press
  3. Gaol, J.L. (2015). Kendalaan dan Sukses Sekretaris Perusahaan dan Organisasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  4. Gunawan, I dan Benty, D.D.N. (2017). Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta
  5. Ismaya. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama
  6. Katresna. 2011. Pengelolaan Keuangan Sekolah. [online]. Tersedia: https://katresna72.files.wordpress.com/2011/06/3-pengelolaan-kuangan-sekolah.pdf
  7. KBBI. 2019. Keuangan. [online]. Tersedia: https://kbbi.kata.web.id/keuangan/
  8. Kemenag RI. 2011. Permendikbud Ri Nomor 16 Tahun 2011. [online]. Tersedia: http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_60_11.pdf
  9. Kemenristekdikti. 2019. Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah 2019. [online]. Tersedia: https://jdih.kemdikbud.go.id/?service=srv:04.11jdih&ref=3ed11eva7kw92d90ga66bsel0i61490x5p6ce8d6a1513df1f5555bdqc29e3adzffebcc6e7a15e3aa6h5956ffmadteae56ud0d5dj0a1ffb1bb3299o0d3ry1bd94bc7e&task=2036
  10. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia. (2013). Pengelolaan Keuangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: LPPKS
  11. Sa’ud, U.S dan Makmun, A.S. (2014). Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  12. TKPLB. 2016. Modul Kepala Sekolah. [online]. Tersedia: http://file.tkplb.net/GP_2016/_KSP/KS_PEMBELAJAR/03.%20CETAK_PESERTA/01_KSP_MODUL%20_2016_09_01/01_KSP_M04_2016_09_01.pdf
  13. UIN Malang. 2019. Manajemen Keuangan Menurut Al Qur’an. [online]. Tersedia: http://etheses.uin-malang.ac.id/12161/
  14. UNY. 2015. Modul Penyusunan RKAS. [online]. Tersedia: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313278/pengabdian/MODUL+PENYUSUNAN+RKAS_RAHMANIA.pdf
  15. Zonkeu. 2019. [online]. Tersedia: https://www.zonkeu.com/pengertian-keuangan-menurut-para-ahli/