Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang konsep Islam dalam pengangkatan pegawai agar perusahaan tidak salah pilih dalam mengankat pegawainya.  metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metodologi kualitatif dengan analisis deskriptif berupa sumber yang akurat seperti jurnal, buku-buku dan beberapa referensi di internet lainnya. Pembahasan tulisan ini menggambarkan bagaimana pandangan Islam mengenai mekanisme pengangkatan pegawai dalam konsep Islam, karyawan tetap dan karyawan kontrak, penetapan upah dalam persfektif Islam dan pengembangan kompetensi pelatihan. Dari pemaparan diatas perusahaan yang bergerak dibidang barang maupun jasa dapat menerapkan konsep Islam sebagai tolak ukur dalam menjalankan kegiatan perusahaan dan dapat dijadikan sebagai sumber daya manusia yang mempunyai kualitas.

Keywords

Karyawan Karyawan Perspektif Islam Gaji Karyawan Tetap Karyawan Kontrak

Article Details

How to Cite
Sudrajat, Y., Adinda, D., Putri, A., Rosiana, I., & Suhendar, F. R. . (2024). Mekanisme Pengangkatan Pegawai dalam Konsep Islam. Jurnal Tadbir Peradaban, 4(1), 71–78. https://doi.org/10.55182/jtp.v4i1.377

References

  1. Amelia, R., Manurung, N. M., & Mustafaruddin, M. (2023). Upah Buruh dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i2.807
  2. Gontor, H. U. (2019, September 24). Pelayanan Jasa Dalam Perspektif Islam. Islamic Economics of Law Department. https://hes.unida.gontor.ac.id/pelayanan-jasa-dalam-perspektif-islam/
  3. Laily, A. N. R. (2022). KESEJAHTERAAN PEKERJA DAN UPAH MENURUT PEMIKIRAN YUSUF QARDHAWI. Indonesian Journal for Entrepreneurial Review, 1(1), Article 1.
  4. Mardiah, N. (n.d.). REKRUTMEN, SELEKSI DAN PENEMPATAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM.
  5. Pitriani, W. (n.d.). ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KARYAWAN TETAP DAN KARYAWAN TIDAK TETAP PADA CV. JELAJAH ALAM KAB. KAMPAR OLEH :
  6. Pratiwi, S. P., Qomariah, N., & Setianingsih, W. E. (n.d.). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KARYAWAN TETAP DAN KARYAWAN KONTRAK ( Studi Pada Divisi Budidaya Dan Divisi Pembenihan Di PT. Mitratani Dua.
  7. Santosa, S. B. (2010). Pembekalan Pengetahuan dan Keterampilan Bagi Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal AKRAB, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v1i4.66.