Main Article Content

Abstract

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) telah menjadi elemen strategis penting dalam era bisnis yang terus berubah. Dalam penelitian ini, kami menggambarkan peran strategis manajemen SDM dalam mencapai kesuksesan organisasi dengan penekanan pada pengelolaan bakat, pembentukan budaya perusahaan, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, pengelolaan perubahan, dan penyusunan kebijakan SDM melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari analisis kualitatif deskriptif ini mengungkapkan bahwa manajemen SDM memegang peran sentral dalam mengelola bakat dan memberikan keunggulan kompetitif. Mereka membentuk budaya perusahaan yang positif, mendukung pengembangan karyawan, mengelola kinerja, memfasilitasi perubahan, dan menyusun kebijakan yang sesuai. Melalui studi kasus dan pemahaman mendalam tentang praktik-praktik ini, kami mengilustrasikan bagaimana organisasi menerapkan strategi-strategi manajemen SDM dengan sukses, yang pada akhirnya menyumbang pada kesuksesan jangka panjang organisasi di era bisnis yang dinamis.

Keywords

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Pengelolaan Bakat Kesuksesan Organisasi

Article Details

How to Cite
Pandabanjal, T. (2024). Peran Strategis Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Kesuksesan Organisasi. Jurnal Tadbir Peradaban, 4(1), 86–91. https://doi.org/10.55182/jtp.v4i1.386

References

  1. Angliawati, R. Y., & Fatimah, F. (2020). Peran talent management dalam pembangunan SDM yang unggul. Jurnal Sains Manajemen, 2(2), 28–40.
  2. Aryani, R. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Menghadapi Tantangan Globalisasi. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 2, 378–387.
  3. Budiarti, R. H. S. (2023). Manajemen Pemasaran Global Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen dan Keberhasilan Bisnis. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 405–416.
  4. Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka kerja sistem kecerdasan buatan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. IncomTech: Jurnal Telekomunikasi Dan Komputer, 10(1), 19–24.
  5. Ramadhani, M. A., Setiawan, Z., Fadhilah, N., Adisaputra, A. K., Sabarwan, D. N., Maranjaya, A. K., Tawil, M. R., & others. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia: Mengoptimalkan Potensi dan Kinerja Organisasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  6. Sunarsi, D. (2019). Penerapan MSDM Strategis Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Organisasi dalam menyongsong Revolusi 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 221–233.
  7. Sunarsi, D., & Yuliani, I. (2019). Pengaruh Gaya Kepe Mimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BTN Kantor Cabang Tangerang. Jurnal Semarak, 2(1), 21–31.
  8. Wahyudi, A., Assyamiri, M. B. T., Al Aluf, W., Fadhillah, M. R., Yolanda, S., & Anshori, M. I. (2023). Dampak Transformasi Era Digital Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 99–111.