Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kondisi yang terjadi saat ini dimana angka pengangguran yang tinggi dikarenakan lapangan pekerjaan yang terbatas.Wirausaha sebagai salah satu alternatif yang bisa dilakukan oleh para pencari kerja terutama lulusan perguruan tinggi dimana hal ini tidak hanya membuka peluang kerja terhadap dirinya tetapi juga untuk orang lain.dari kondisi inilah maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Motivasi dan (2) lingkungan keluarga terhadap minat Berwirausaha pada Mahasiswa.Penelitian ini termasuk penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dengan sampel mahasiswa program studi manajemen semester 2 dan 4 sejumlah 114 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisa data meliputi analisa data diskriptif, Analisa Regresi Berganda.Hasil Penelitian menunjukan bahwa untuk variabel lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha sedangkan variabel motivasi tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Basrowi. (2011). Kewirausahaan Untuk Peguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.
- Baum, J. R., Frese, M., & Baron, R. A. (2007). The psychology of entrepreneurship.
- Lawrence Erlbaum Associates .Mahwa, New Jersey.
- Bygrave, William. (1996). Entrepreneurship. Binarupa Aksara. Jakarta.
- Campbell, John P. (2002). Modeling the Performance Prediction Problem in Industrial and Organizational Psychology, Handbook of Industrial and Organizational Psychology, Volume 1, ed. Marvin D. Dunnette and Leaette M. Hough. Jaico Publishing House.Mumbai.
- Haryadi, R. N., Anda Rojali, Khumidin, & M. Fauzan. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.3
- Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Erlangga. Jakarta. id=12093&mid=26055, pada 20-04-12.
- Kristianti, L. S., Affandi, A., Nurjaya, N., Sunarsi, D., & Rozi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pariwisata Purwakarta. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 101-109.
- Purwanto, M. Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. PT, Remaja.Bandung.
- Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Balai Pustaka.Jakarta.
- Sari,My(2013) analisis pemahaman kewirausahaan terhadap motivasi mahasiswa menjadi young entrepreuner.(Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas SumateraUtara. Tidak diterbitkan
- Sarosa, P. (2005). Kiat Praktis Membuka Usaha. Becoming Young Entrepreneur:Dream Big Start Small, Act Now! Panduan Praktis & Motivasional Bagi
- Sekaran. (1992).Research Methods for Business. Third Edition.Southern Illonis University Shane S., Locke E.A & Collins C.J. (2003). Entrepreneurial Motivation.Human Resource
- ManagementReview.Hlm.263-269.Journal.Diambildari http://faculty.utep.edu/LinkClick.aspx?fileticket=MhnG9hB2iQg%3D&tab
- Singaribun,Masri.1995.metode penelitian survey.LP3s, Jakarta
- Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.Jakarta.
- Sofyan, H. & Uno, B.H. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya dalam Penelitian.
- Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Edisi 13. Bandung: Alfabeta.
- Sujanto, A. (2004). Psikologi Umum. Jakarta: Aksara.
- Suryana, Y. & Bayu, K. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.
- Walgito, B. (1999). Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta: ANDI.
- Wanto, S.F. (2014). Hubungan Kemandirian dan Motivasi Berwirausaha dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas SMK N 1 Seyegan. (Skripsi). Yogyakarta
- Winkel. (2004). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.Yogyakarta.