Main Article Content

Abstract

Kemampuan berbicara di depan umum khususnya kepewaraan merupakan sebuah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilatar belakangi adanya kebutuhan pelatihan kepewaraan di SMK Al Mubarok Rembang untuk membekali keterampilan bagi siswa dan guru. Tujuan utama pelatihan kepewaraan ini untuk membekali siswa dan guru menjadi pewara yang profesional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Metode pelaksanaan pelatihan kepewaraan ini secara tatap muka melalui metode Demonstrasi selama dua hari. Siswa dan guru dibedakan menjadi 2 kelas dengan rincian kelas siswa 35 orang dan kelas guru 15 orang. Siswa dan guru setelah memperoleh materi dan contoh menjadi pewara mereka diminta demonstrasi/praktik menjadi pewara. Hasil temuan PKM pelatihan kepewaraan ini secara umum berhasil dan sukses dilaksanakan dengan efektif. Hal ini terlihat dari respon positif peserta kelas siswa & kelas guru yang antusiasme dan kondusif dimana peserta yang terdaftar hadir semua di hari pertama maupun hari ke dua.  

Keywords

Pelatihan Kepewaraan Metode Demonstrasi

Article Details

How to Cite
Darmuki, A. ., Hariyadi, A. ., & Hidayati, N. A. . (2022). Pelatihan Kepewaraan Melalui Metode Demonstrasi Berbasis Praktik di SMK Al Mubarok Rembang. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 49–53. https://doi.org/10.55182/jpm.v2i6.242

References

  1. REFERENSI
  2. Arief, Ermawati. 2009. ”Performance” Pembawa Acara yang Profesional”. Jurnal Bahasa dan Seni. Vol. 10. No. 1. Hlm. 11-12.
  3. Asriandhini, B. dkk. 2020. Pelatihan Dasar Public Speaking Untuk Mengembangkan Keterampilan Penyampaian Informasi dan Kepercayan Diri Bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial, Vol. 2 No. 2. 71-84. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JLS/article/view/7007/pdf.
  4. Badudu, Rendra dan Dewi Shinta. 2018. Bukan Pidato & MC Biasa: Seni & Praktik Publick Speaking Super Dahsyat!. Yogyakarta: Pustaka Cerdas.
  5. Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. 2018. The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction, 11(2), 115-128.
  6. Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. 2017. Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch, 8(1), 44-51.
  7. Darmuki, A. & Hidayati N.A. 2019. An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI, 121-126. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.19-10-2018.2282555.
  8. Darmuki, A. & Hidayati, N.A. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama,. 6(2), 9-18. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/453/0.
  9. Gemilang, J. 2019. Tips & Trik Menjadi MC Cerdas Humoris dan Menarik: Cara Instan jadi MC Handal. Yogyakarta: Araska.
  10. Lynn, Doroty dan Jessica Selasky. 2018. Mastering Public Speaking: Pintar Pidato dan Presentasi, terj. Shirley Maya Argasetya dan Ira Puspito Rini. Jogjakarta: Luna Publisher.
  11. Nindiani, Ninda. 2020. Sukses Jadi MC: Profesional, Positif, Inspiratif. Yogyakarta: Kanisius.
  12. Sirait, C. B. 2018. The Power Of Public Speaking. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  13. Thornbury, S. 2019. How to teach speaking (J. Harmer. ed.). Pearson: Longman.
  14. Wiyanto, Asul dan Prima K Astuti. 2017. Terampil Membawa Acara. Jakarta: Gramedia.