Main Article Content

Abstract

Peningkatan pengembangan kompetensi guru sangat penting untuk dilakukan berkelanjutan. Guru selalu dituntut untuk mengembangkan kompetensi diri dan karirnya, salah satunya kemampuan menulis karya ilmiah. Tujuan pelatihan menulis karya ilmiah ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para guru SMAN 2 Rembang. Materi yang dibahas dalam kegiatan ini yaitu penulisan dan publikasi karya tulis ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh 42 orang guru dan 12 orang guru laki-laki dan 30 orang guru perempuan. Hasil dari kegiatan ini yaitu (1) guru memiliki kemampuan dalam menulis karya ilmiah khususnya dalam penelitian tindakan kelas (PTK), (2) guru mengetahui cara mempublikasikan karya tulis ilmiah di Jurnal Nasional, (3) guru bisa menggunakan jurnal yang sudah terbit untuk keperluan kenaikan pangkat. Simpulan pelatihan ini guru mengikuti dengan antusiasme dan respon yang baik dibuktikan dengan adanya proses bimbingan artikel karya ilmiah hasil penelitian yang siap untuk dipublikasikan.

Keywords

Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Guru

Article Details

How to Cite
Darmuki, A., & Hidayati, N. A. (2023). Pelatihan Menulis Karya Ilmiah bagi Guru SMAN 2 Rembang. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(4), 133–136. Retrieved from https://journal-stiehidayatullah.ac.id/index.php/peradaban/article/view/293

References

  1. Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. 2018. The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction, 11(2), 115-128.
  2. Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. 2017. Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch, 8(1), 44-51.
  3. Darmuki, A. & Hidayati N.A. 2019. An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI, 121-126. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.19-10-2018.2282555.
  4. Darmuki, A. & Hidayati, N.A. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama,. 6(2), 9-18. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/453/0.
  5. Darmuki, A., Hariyadi, A. ., & Hidayati, N. A. . (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389–397. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1027
  6. Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, & Nur Alfin Hidayati. 2022. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dengan Model Problem Based Learning Secara Daring. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 408–417. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.828
  7. Handayani S.L., & Diki Rukmana, 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 10(1), 8-13.
  8. Kosasih. E. 2020. Bimbingan Menulis Karya Ilmiah: Bandung. CV Pustaka Setia.