Main Article Content

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi yang dilakukan oleh mahasiswannya di bawah bimbingan dosen dan pimpinan pemerintah daerah. Melalui KKN, mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang sudah didapatkan di perguruan tinggi kedalam kehidupan nyata. Mahasiswa KKN STAIdarussalam kunir  yang berposko di desa kalensari membuat program kerja berupa kegiatan Bakti Sosial Bakti sosial adalah kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok sebagai wujud dari rasa kepedulian lingkungan sekitar. Bakti sosial dilaksanakan dengan cara membersihkan lingkungan. Sasaran kegiatan bakti sosial yaitu Masjid, , lapangan dan lingkungan sekitar Secara umum kegiatan bakti sosial  berjalan dengan baik dan lancar. serta mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan dengan adanya kegiatan bakti sosial ini diharapkan masyarakat memiliki motivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan. kegiatan bakti sosial menjadi sarana untuk memperkuat ikatan sosial di antara masyarakat dan mengedepankan nilai-nilai kepedulian terhadap lingkungan. Melalui kegiatan ini, berbagai komunitas dapat saling bersinergi dalam menyikapi tantangan lingkungan  dan sosial. Pendekatan kolaboratif ini menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran bersama dan pertukaran ide untuk meningkatkan pemahaman tentang isu-isu lingkungan.SELAIN ITU JUGA, kegiatan bakti sosial ini juga memberikan peluang bagi masyarakat untuk terlibat langsung dalam aksi nyata yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Dengan menggabungkan aspek sosial dan lingkungan, kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat material, tetapi juga membangun kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Keywords

Bakti Sosil Lingkungan Kepedulian

Article Details

How to Cite
Paturohman, A., Prahardik, S. E., Faturohman, I., & Yusuf, I. W. (2024). Kegiatan Bakti Sosial Bersama Masyarakat Sebagai Wujud Kepedulian Cinta Lingkungan Di Desa Kalensari. Jurnal Peradaban Masyarakat, 4(2), 78–83. https://doi.org/10.55182/jpm.v4i2.443

References

  1. Al Umar, A. U. A., Savitri, A. S. N., Pradani, Y. S., Mutohar, M., & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 3944.
  2. Arwadi, F., Afifah, N. N., Aswaty, H., Amriadi, A., & Abrar, M. Gerakan Peduli Lingkungan Bersih Dan Sehat Melalui Kegiatan Bakti Sosial Kelurahan Tamallayang. Journal Lepa-Lepa Open, 1(4), 522-530.
  3. Asmini, A., Sumbawati, N. K., Ismawati, I., & Rachman, R. (2021). PEDULI Kebersihan
  4. Lingkungan Melalui Program Bakti Sosial Mahasiswa Baru Dan Sivitas Akademika
  5. Universitas Samawa Di Taman Mangga. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada
  6. Masyarakat, 1(2), 17-23.
  7. Buhungo, R. A. (2012). Faktor Perilaku Kesehatan Masyarakat Dan Kondisi Lingkungan Rumah Dengan Kejadian Malaria. Jurnal Health and Sport, 5(2).
  8. Insaan, A. F. Program Bakti Sosial (Baksos) Serentak 4 Kelurahan di Kec. Tanete Riattang Barat Kab. Bone oleh Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXI Universitas Negeri Makassar Sebagai Wujud Partisipasi dan Bentuk Pengabdian Diri Kepada Masyarakat. Journal Lepa-Lepa Open, 1(5), 920-927.
  9. Irfan Irfan, M. Bakti Sosial Wujud Kepedulian Terhadap Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat Kecamatan Tobadak, Kabupaten Mamuju Tengah. Journal Lepa-Lepa Open, 1(5), 1031-1040.
  10. Mujiwati, Y., Paramitha, M., & Maulana, M. Z. A. S. (2020). Menumbuhkan Rasa Kepedulian Siswa Terhadap Kebersihan Lingkungan di Sekolah MA Al Masyhur Bugul Kidul Kota Pasuruan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 157-164.
  11. Nopiyanti, A., Hakim, A. R., Anhar, R. F., Fatin, S., & Pratiwi, I. M. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Peduli Lingkungan dalam Mewujudkan Desa Bersih dan Sehat di Era Pandemi. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(87), 123-136.
  12. Rahayu, A. A. A. Y. S. Kolaborasi Pemerintah Desa Tamannyeleng Dalam Kegiatan Bakti Sosial dan Penyediaan Larangan Buang Sampah di Jalan Poros PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). Journal Lepa-Lepa Open, 1(5), 1108-1115.
  13. Sari, N. I., Yuniar, P., Simanullang, D. R., Lelean, I. L., & Leyoni, R. Partisipasi Mayarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Di Desa Bonto Marannu Kecamatan Lau Kabupaten Maros Melalui Kegiatan Jum’at Bersih dan Pembagian Tempat Sampah. Journal Lepa-Lepa Open, 1(4), 854-861.
  14. Tobing, I. S. (2005). Dampak sampah terhadap kesehatan lingkungan dan manusia. Jakarta: Fakultas Biologi Universitas Nasional, 1-9.