Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi tantangan dan strategi dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) basreng di Desa Kalensari Comreng, dengan fokus pada masalah pemasaran tanpa modal. Melalui survei lapangan, analisis data kualitatif, dan tinjauan pustaka, temuan menunjukkan bahwa keterbatasan modal menjadi hambatan utama bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka. Namun, dengan kreativitas dan inovasi, mereka berhasil menemukan solusi yang efektif. Pemanfaatan media sosial, kolaborasi dengan pelaku UMKM lokal, dan pengembangan konten menarik menjadi strategi utama dalam mengatasi tantangan pemasaran tanpa modal. Hasilnya menunjukkan peningkatan visibilitas produk, ekspansi pasar, dan solidaritas dalam komunitas UMKM. Kesimpulannya, kreativitas dan inovasi memainkan peran penting dalam membantu pelaku UMKM mengatasi tantangan pemasaran tanpa modal dan mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan.Kata Kunci: Basreng, Desa Kalensari Comreng, inovasi, kreativitas, modal, pemasaran, UMKM.

Keywords

Basreng Capital Creativity Innovation Kalensari Comreng Village UMKM

Article Details

How to Cite
Ramadhan, S. G., Fathurohman, I., & Prahadik, S. E. (2024). Pengembangan Umkm Basreng: Kreativitas Dan Inovasi Dalam Pemasaran Tanpa Modal Di Desa Kalensari Comreng. Jurnal Peradaban Masyarakat, 4(3), 113–119. https://doi.org/10.55182/jpm.v4i3.455

References

  1. Abdul, A. (2020). Teknik Analisis Data Analisis Data. Teknik Analisis Data Analisis Data, 1–15.
  2. Aditya, J. B. (2023). Pemanfaatan Digitalisasi Dalam Meningkatkan Pemasaran Umkm Kripik Basreng Desa Pangulah Utara. Abdima Jurnal Pengabdian …, 2(2), 4676–4682. Retrieved from https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/download/4264/3000
  3. Darwanto. (2013). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 20(2), 142–149.
  4. Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. Retrieved from https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
  5. Kurniawan, F. (2018). Analisis Dampak Modal Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Sektor Industri Pengolahan. Analisis Dampak Modal Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Sektor Industri Pengolahan, 86–104. Retrieved from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5386
  6. Lasoma, A., Sofhian, S., & Zainuddin, Y. (2021). Pengaruh Modal Usaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Finansha: Journal of Sharia Financial Management, 2(2), 45–60. https://doi.org/10.15575/fjsfm.v2i2.13923
  7. Mey Kurnia Lestari, Masruchin, & Diah Krisnaningsih. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2), 143–159. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10519
  8. Rahmawati, M. (2017). Menuai Kesuksesan Dalam Bisnis Properti Tanpa Modal Sebagai Investasi Yang Menguntungkan. Jurnal Hubungan Masyarakat, XVII(1), 72–80. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1848
  9. Supriatna, U. S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Komprehensif dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 319. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.2627
  10. Supriyanto, D., & Taufiqurrochman, C. (2019). Penerapan Manajemen Keuangan Sederhana, Pengukuran Biaya Produksi Dan Pengembangan Pasar Pada Perusahaan Kerupuk Dan Basreng “D’ Risa” (Drs) Kabupaten Bandung. Dharma Bhakti Ekuitas, 4(1), 381–388. https://doi.org/10.52250/p3m.v4i1.162
  11. Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
  12. Tamansari, K. (2023). Pembuatan akun marketplace dan desain kemasan untuk meningkatkan pemasaran produk pelaku umkm di kelurahan tamansari. 102–108.
  13. Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
  14. Waqid Kurniawan, M. M., Manafe, L. A., & Abidin, M. Z. (2021). Keputusan Pembelian Keripik Bakso Goreng Mr. Basreng Ditinjau Dari Efektivitas Strategi Pemasaran: Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 64. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.3825.