Main Article Content

Abstract

Covid menimbulkan adanya peningkatan transaksi pada aneka platform e-commerce didunia. Diantara sepuluh e- commerce, Shopee yang menempati posisi pertama dalam Top Brand Index        dibandingkan dengan e-commerce lainnya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi pada kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, dan juga untuk menguji pengaruh brand awareness pada kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, serta menguji kepuasan pelanggan pada loyalitas pelanggan pada e-commerce shopee. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah mahasiswa universitas pelita bangsa prodi manajemen angkatan 2018 yang menggunakan e-commerce Shopee. Data yang diperoleh diolah menggunakan Software smartPLS (Partial Least Square). Uji yang digunakan yaitu pertama analisa outer model, analisa inner model, dan uji hipotesa. Temuan dari model struktural terdapat 4 hipotesis yang terbukti dan 1 hipotesis yang tidak terbukti. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, brand awareness berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, brand awareness berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Namun promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Pada hasil uji R- square terdapat nilai Adjusted R-square (karna lebih dari satu variabel) terdapat kesimpulan bahwa pengaruh promosi dan brand awareness terhadap kepuasan pelanggan sebesar 54,8% dan pengaruh promosi dan brand awareness awareness terhadap loyalitas pelanggan sebesar 61,1%.

Keywords

Promosi Brand Awareness Kepuasan Pelanggan Loyalitas Pelanggan

Article Details

How to Cite
Hidayat, R., & Mardiyana, M. (2024). Pengaruh Promosi dan Brand Awareness Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada E- Commerce Shopee. Jurnal Tadbir Peradaban, 4(1), 129–145. https://doi.org/10.55182/jtp.v4i1.429

References

  1. Alma, P. D. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Alfabeta.
  2. Andjarwati, A. L., & Chusniartiningsih, E. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 189. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.6736
  3. Anugrah, F. T. (2020). Effect of Promotion and Ease of Use on Customer Satisfaction and Loyalty on OVO Application Users. Quantitative Economics and Management Studies, 1(1), 44–50. https://doi.org/10.35877/454ri.qems77
  4. Ariowibowo, S., Wibowo, I., & Safrianto, A. S. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Pengalaman Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(2), 175–182. https://scholar.archive.org/work/t7xpka2pbjg3dahweexnemvosi/access/wayback/htt p://ojs.ekonomi-unkris.ac.id/index.php/JMBK/article/download/223/pdf
  5. Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Suasana Toko dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart BSD, Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1).
  6. Belch, G. E., & Belch, M. A. (2017). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspectives (Irwin Marketing Series) (11th Editi). McGraw-Hill Education.
  7. Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen UniversitasUdayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19
  8. Celia, A. M., & Parsaulian, B. (2023). Analisis Bauran Pemasaran pada Produk Pembiayaan Muarabahah di PT. BPR Syariah Al-Makmur Payakumbuh. Jurnal Ekonomi Utama, 2(2), 188-195.
  9. Chalil, R. D. (2021). BRAND, ISLAMIC BRANDING, & RE-BRANDING. Rajawali Pers. (n.p.): PT. RajaGrafindo Persada.
  10. Chiguvi, D., & Guruwo, P. T. (2017). Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty in the Banking Sector. Theoretical & Applied Science, 5(2), 55–63. https://www.researchgate.net/profile/Douglas-Chiguvi/publication/324601595_Impact_of_Customer_Satisfaction_on_Customer_ Loyalty_in_the_Banking_Sector.pdf
  11. Cindy, A., & Sari, M. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN APLIKASI SHOPEE ( STUDI PADA MAHASISWA STIESIA
  12. Effendy, A. A., SE, M., Murtiyoko, H., Mahnun, M. A., SE, M., Akbar, I. R., ... & MM, C. PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENDIRIKAN UMKM DAN EFEKTIVITAS PROMOSI ONLINE DI KOTA TANGERANG SELATAN. Cipta Media Nusantara.
  13. Fadli, M. D., & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce
  14. Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941
  15. Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran: Produk dan Merek (Planning dan Strategy). Qiaya Media.
  16. Ghozali, I. (2016). Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SMARTPLS 3.0. Universitas Diponegoro.
  17. Ghozali, I. (2021). PARTIAL LEAST SQUARES: KONSEP, TEKNIK DAN APLIKASI MENGGUNAKAN PROGRAM SmartPLS 3.2.9 (Edisi Ke-3). Universitas Diponegoro.
  18. Ghozali, Imam dan Hengky, L. (2017). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0 (Edisi ke-3). Universitas Diponogoro.
  19. Haryadi, R. N., Sunarsi, D., Erlangga, H., & Wijandari, A. (2022). Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Beringin Life di Jakarta. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(1), 41-48.
  20. Indriyani, F., & Helling, L. S. (2018). ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE, KEPERCAYAAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TOKOPEDIA Furi. 5(1), 2930–2937.
  21. Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas Dalam Berbelanja Online Pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.423
  22. Kertamukti, R. (2017). Strategi kreatif dalam periklanan : konsep, pesan, media, branding, anggaran. Rajawali Pers.
  23. Kotler, Phililp, & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 16). Erlangga. Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 13 J). Erlangga. Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2016). Pemasaran Jasa. Erlangga.
  24. Ninggrum, I. C., & Kenedi, J. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Nagari Syariah Solok. Jurnal Ekonomi Utama, 2(2), 215-221.
  25. Nurjaya, N., Erlangga, H., Iskandar, A. S., Sunarsi, D., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), 147-153.
  26. Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., & Riskarini, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. Jimp, 1(1), 27–39. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/article/view/2065
  27. Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D (Sutopo (ed.); Edisi Ke- 2). Alfabeta.
  28. Putri, F. N., & Darmawan, H. (2019). Mengemukaan Nilai Yang Dirasakan Merupakan K. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, I(4), 768–777. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24912/jmk.v1i4.6563
  29. Rahman, H. A., & Sitio, A. (2020). the Effect of Promotion and Product Quality Through Purchase Decision on the Customer Satisfaction of Bohemian Project.Id Products. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 6(1), 55–72. https://doi.org/10.29121/ijetmr.v6.i1.2019.346
  30. Sari, D. M. F. P. (2018). Brand Image dan Brand Awareness terhadap Customer Loyalty. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 3(1), 14–24. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2107
  31. Septiana, N. A., & Nosita, F. (2020). E-SERVQUAL, PROMOSI DAN LOYALITAS PELANGGAN MARKETPLACE Noor Alisya Septiana 1) , Firda Nosita 2) . March, 38–44. https://jurnal.polibatam.ac.id
  32. Sumarwan, U., & Tjiptono, F. (2019). Stategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen. PT Penerbit IPB Press.
  33. Suntani, S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta, 2(2), 247–254.
  34. SURABAYA ) Marsudi Lestariningsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(Mei), http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/4012/4023/ Darmawan, D. (2019). Kualitas Produk, Kesadaran Merek dan Harga serta Pengaruhnya
  35. Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi. CV. ANDI OFFSET. Amelia, R. E. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. In Jurnal Ilmu Komunikasi (pp. 229–235).
  36. Yogi, G. A., & Basir, G. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Lcp Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Ekonomi Utama, 2(2), 222-231.