Main Article Content

Abstract

Audit internal merupakan alat bantu pengendalian manajemen dalam melakukan Kegiatan penilaian yang bebas terhadap semua kegiatan perusahaan agar selalu dalam keadaan normal. Oleh karena itu, audit internal harus menyusun suatu pengendalian internal yang baik dan tepat, mengadakan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan usaha, mengukur dan menilai serta memberi saran-saran perbaikan yang sangat diperlukan oleh manajemen. Auditor Internal harus menahan diri dari kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan konflik dengan kepentingan organisasinya; atau kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan prasangka, yang meragukan kemampuannnya untuk dapat melaksanakan tugas dan memenuhi tanggung jawab profesinya secara objektif. Auditor Internal tidak boleh menerima sesuatu dalam bentuk apapun dari karyawan, klien, pelanggan, pemasok, ataupun mitrabisnis  organisasinya, yang dapat, atau patut diduga dapat mempengaruhi pertimbangan profesionalnya. Auditor Internal hanya melakukan jasa-jasa yang dapat diselesaikan dengan menggunakan kompetensi professional yang dimilikinya. Auditor Internal harus mengusahakan berbagai upaya agar senantiasa memenuhi Standar Profesi Audit Internal, Auditor Internal harus bersikap hati- hati dan bijaksana dalam menggunakan informasi yang diperoleh dalam pelaksanaantugasnya. Auditor Internal tidak boleh menggunakan informasirahasia; untuk mendapatkan keuntungan Pribadi, secara melanggar hukum, atau yang dapat menimbulkan kerugian terhadap organisasinya. Adapun tujuan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dasar kepada para siswa kelas XII SMA Al-Ittihadiyah Medan mengenai konsep dasar auditor, agar ketika mereka menyelesaikan studi mereka dijenjang Sekolah Menengah Atas dan melanjutkan kebangku perkuliahan dan menerima materi mengenai audit, mereka tidak lagi terkejut dan kebingungan, melainkan sudah memiliku ilmu dasar mengenai audit.

Keywords

Pemahaman Auditor Internal Auditor Eksternal

Article Details

How to Cite
Aisyah, S. ., & Adiko, R. G. . (2022). Pemahaman Mengenai Perbedaan Auditor Internal dan Eksternal pada Siswa SMA Swasta Al- Ittihadiyah Medan. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(5), 4–8. https://doi.org/10.55182/jpm.v2i5.214

References

  1. Ahyaruddin, M. Akuntabiitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Masjid Di Kota Pekan Baru. Jurna Pengabdian Untukmu Negeri.Vol.1, No.1. 2017.
  2. Akhmad.Z, dkk. Praktik Manajemen Keuangan Masjid dan Potensi Dana Masjid. Jurnal Riset akuntansi Aksioma. Vol.19, No1. 2020.
  3. Bara, A., Riyan, P., & Nurman, G., Strategi Pengelolaan Zakat Produktif Dalam Pengentasan Kemiskinan (Studi Kasus Lembaga Zakat Muhammadiyah Kota Medan). Miskat al- anwar Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat. Vol. 30, No.2. 2019
  4. Fauzi, A.M, R. Akuntabilitas Dan Transparansi Pelaporan Keuangan Masjid ( Studi Empiris : Masjid Jami'i Di Kota Banda Aceh ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi. Vol.5, No.2. 2020.
  5. Kusumadyahdewi. Pengelolaan Keuangan Masjid Sebagai Organisasi Nirlaba. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Vol.4, No.2.2018.
  6. Muhib, M. A. Optimalisasi Fungsi Masjid Dalam Pemberdayaan Ekonomi. Jurnal At-Tatwir. Vol.2, No.1 . 2018.
  7. Muhib, M. A. Optimalisasi Fungsi Masjid Dalam Pemberdayaan Ekonomi. Jurnal At-Tatwir. Vol.2, No.1 . 2018.
  8. Mukrodi. Analisis Manajemen Masjid Dalam Operasional Peran Dan Fungsi Masjid. Jurnal Ekonomi Islam.. Vol.2, No.1. 2017.
  9. Mujiatun, Siti. Model of Profesional Zakat Management In Indonesia. International Journal Of Economics, Business and Management Research. Vol. 2. No. 04. 2018.
  10. Sawyer’s Internal Auditing 5th Ed.

Most read articles by the same author(s)