Main Article Content

Abstract

Kurikulum merupakan nyawa dari suatu program pembelajaran sehingga keberadaannya memerlukan rancangan, pelaksanaan serta evaluasi secara dinamis sesuai dengan perkembangan zaman, kebutuhan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) serta kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat, maupun pengguna lulusan perguruan tinggi. Perkembangan IPTEKS di abad ke-21 yang berlangsung secara cepat mengikuti pola logaritma, menyebabkan Standar Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) juga mengikuti perubahan tersebut.OBE adalah proses transformasi yang membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan yang berbeda pada tingkat yang berbeda, dan memastikan bahwa kinerja mereka diukur secara akurat untuk meningkatkan kualitas program dan lulusan. Langkah-langkah implementasi OBE pada pendidikan vokasi terdiri dari empat langkah yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Monitroing dan Evaluasi serta Pengembangan Berkelanjutan. Berfokus pada hasil Pendidikan berbasis hasil (Outcome-based education/OBE) menghasilkan harapan yang transparan atas hasil yang maksimal. Mahasiswa dapat memahami apa yang mereka harapkan, dan dosen dapat memahami apa yang perlu mereka tunjukkan selama proses pembelajaran. Kejelasan sangat penting karena perlu untuk menjadi jelas di semua tingkatan capaian pembelajaran, sehingga mahasiswa dapat menunjukkan semua kemampuan yang diperlukan untuk mencapai hasil.

Keywords

Kurikulum Rencana Pembelajaran Semester OBE

Article Details

How to Cite
Anindya, D. A. ., Aisyah, S. ., Natasha, S. F. ., Dewi, A. F. ., Simatupang, J. ., Wardhani, I. I. ., & Sembiring, E. A. . (2024). Workshop Penyusunan Kurikulum Dan Rencana Pembelajaran Semester Berbasis Obe Bagi Para Dosen, Stakeholder dan Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Potensi Utama. Jurnal Peradaban Masyarakat, 4(3), 104–110. https://doi.org/10.55182/jpm.v4i3.452

References

  1. Damit, M. A. A., Omar, M. K., & Puad, M. H. M. (2021). Issues and Challenges of Outcome based
  2. Education (OBE) Implementation among Malaysian Vocational College Teachers. International
  3. Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(3), 197- 211.
  4. Mamat, M. R., Rasul, M. S., & Mustapha, A. (2014). Outcome-based education implementation in
  5. malaysian polytechnic. International Journal of Education and Research, 2(11), 437-450.
  6. Monitoring , Evaluation , and Learning in USAID Biodiversity Programming: An USAID
  7. Biodiversity How-To Guide 3. 2016;(August):1-40.
  8. Rajaee, N., Junaidi, E., Taib, S. N. L., Salleh, S. F., & Munot, M. A. (2013). Issues and challenges in
  9. implementing outcome based education in engineering education. International Journal
  10. for Innovation Education and Research, 1(4), 1-9.
  11. Shaheen, S. (2019). Theoretical perspectives and current challenges of OBE framework. Int. J. Eng.
  12. Edu, 1, 122-129.
  13. Sinnema, C. (2011). Monitoring and evaluating curriculum implementation: Final evaluation
  14. report on the implementation of the New Zealand Curriculum 2008-2009. New Zealand:
  15. Ministry of Education.
  16. Sinnema, Claire (2011). Monitoring and Evaluating Curriculum Implementation - Final Evaluation
  17. Report on the Implementation of The New Zealand Curriculum 2008-2009, Report to the
  18. Ministry of Education. New Zealand: Auckland UniServices Ltd.
  19. Sun, P. H., & Lee, S. Y. (2020). The importance and challenges of outcome-based education – a case
  20. study in a private higher education institution. Malaysian Journal of Learning and
  21. Instruction, 17 (2), 253-278. https://doi.org/10.32890/mjli2020.17.2.9

Most read articles by the same author(s)