Main Article Content

Abstract

Anggaran kas adalah anggaran yang memerinci taksiran penerimaan dan pengeluaran uang tunai dalam suatu kurun masa yang akan datang sebagai alat untuk memelihara likuiditas. Anggaran kas memiliki peran yang penting dalam mengendalikan kas. Penyusunan anggaran kas akan membantu organisasi dalam mempersiapkan keputusan pembelanjaan berjangka pendek atau berjangka panjang, menentukan posisi kas pada berbagai waktu, memperkirakan kemungkinan surplus atau defisit, bahkan dapat berfungsi sebagai dasar penilaian terhadap ralisasi pengeluaran kas yang sebenarnya.Pihak manajemen sekolah dituntut mampu mengelola dana yang tersedia secara efisien dan efektif, sehingga pola perencanaan yang matang perlu dilakukan, diantaranya tercermin dalam penyusunan anggaran kas sekolah. Pihak pengelola TK Pelangi belum mampu menyusun anggaran kas secara rinci mengenai semua jumlah kas dan perubahan-perubahannnya dari waktu ke waktu selama periode tertentu dimasa yang akan datang, baik perubahan yang berupa penerimaan maupun pengeluaran. Terkendala juga oleh kompetensi sumber daya manusia yang memiliki kemampuan tentang hal tersebut. Merujuk pada permasalahan yang ada perlu dilakukan pendampingan penyusunan angggaran kas. Melalui kegiatan pengabdian pengelola anggaran kas pada TK Pelangi, diharapkan pihak terkait memiliki pengetahuan dibidang anggaran khususnya anggaran kas dan pembukuan serta dapat langsung diaplikasikan dalam penyusunan anggaran kas dengan didukung pembukuan yang baik dan benar.

Keywords

Pemahaman Anggaran Kas

Article Details

How to Cite
Adiko, R. G., Aisyah, S., & Sari, T. N. (2023). Pelatihan Penyusunan Anggaran Kas pada TK Pelangi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(4), 137–141. Retrieved from https://journal-stiehidayatullah.ac.id/index.php/peradaban/article/view/294

References

  1. Adisaputro, Gunawan. 2010. Anggaran Perusahaan. BPFE, Yogyakarta
  2. Hansen & Mowen. 2017. Akuntansi Manajerial. Salema Empat, Jakarta
  3. Hertanati, Desyana. 2011. Analisis Penyusunan Anggaran Kas Dalam Meningkatkan Perencanaan Keuangan pada PT. PLN: Bandung. Universitas Pasundan
  4. Kamaruddin, Ahmad. 2014. Akuntansi Manajemen: Dasar-Dasar Konsep Biaya Dan Pengambilan Keputusan. Jakarta. RajaGrafindo Persada
  5. Kusmianto. 2018. Peran serta masyarakat dalam pembiayaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). repository.uksw.edu
  6. Krismiaji, (2015), Sistem Informasi Akuntansi, ed. Keempat, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.
  7. Lilis Pupitawati dan Sri Dewi Anggadini, (2011), SIstem Informasi Akuntansi, ed. Pertama, Cetakan Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.
  8. Nurdiniah, D., Fitriana, A. V., & Meita, I. (2023). Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Untuk Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 36-40.
  9. Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.
  10. Utarindasari, D., & Harsanto, M. F. (2023). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan PT. Tegal Salam di Cariu, Bogor Jawab Barat. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60-63.
  11. Wijandari, A., Arifin, S., Maulana, N. I., Rahmadani, P., & Mulani, A. (2022). Pengelolaan Uang Saku Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Bina Mandiri Multimedia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 108-113.

Most read articles by the same author(s)